Skip to main content

Featured

Pengertian Komunikasi Ritual

Tradisi Melukat di Bali (Doc: IDN)   Definisi Komunikasi Ritual Komunikasi Proses Penyampaian Makna pada Orang Lain.  Ritual berasal dari kata ritus berarti kegiatan ibadah.  Komunikasi Ritual adalah proses penyampaian makna dari sebuah tradisi atau kepercayaan yang terdapat dalam sebuah kelompok Tujuan Komunikasi Ritual: Memelihara kebersamaan dan solidaritas komunitas Menjaga keyakinan yang berakar dalam individu atau kelompok Memelihara tradisi kelompok Hubungan Manusia dan Komunikasi Ritual Manusia di identifikasi sebagai homo ritualis atau seseorang yang suka melakukan kegiatan ritual Kegiatan dilakukan sebagai pengingat nilai yang ada dan untuk disebarluaskan ke masyarakat Ciri Komunikasi Ritual: Terdapat nilai dan norma dalam kepercayaan yang dianut kelompok Terdapat simbol bersama yang digunakan oleh suatu kelompok Ritual dilakukan secara terus menerus Keinginanan melestarikan praktik ritual dalam kelompok Timbul rasa saling memiliki antar kelompok simbol – simbol komunikasi ha

Merinding! Ternyata K-Popers Bisa Habiskan Sampai Rp20 Jutaan untuk Idola Mereka


Kerumunan Fans Korea-Pop saat konser (Doc: Istimewa)


SUDAH menjadi hal yang umum bahwa penggemar K-popers adalah kelompok yang super fanatik. Dari mereka kita banyak belajar bagaimana sikap loyal itu terus diberikan meski tak jarang para idolanya tersandung kasus.

Tapi pernahkan kita mengukur pada tingkat seberapa banyak uang yang dihabiskan K-popers untuk  mendukung idolanya?

Mengutip dari IPrice Group, berdasarkan riset yang mereka lakukan, rata rata setiap K-popers akan merogoh kocek sekitar 9,5 juta – 20 jutaan untuk membeli perangkat – perangkat idola yang mereka butuhkan.

Beberapa perangkat ini meliputi merchandise, tiket konser, album dan hal-hal yang berkaitan dengan idola mereka.

Namun dalam riset ini, yang akan menjadi objek penelitian benda hanya seputar merchandise, tiket konser dan album. Dalam riset ini golongan k-popers yang akan diteliti adalah ARMY (Sebutan Penggemar BTS), ONCES (Sebutan Penggemar Twice) dan BLINK (Sebutan Penggemar Blackpink).

 

Fans mana yang paling banyak keluarkan uang? ARMY, Onces atau Blinks?

Kalau kamu pecinta BTS, pasti kamu tahu berapa banyak uang yang perlu kamu tabung untuk tetap menjadi bagian dari BTS Army.

BTS Army yang loyal bisa menghabiskan hingga Rp 20 jutaan, waw! Jumlah yang tidak sedikit ya!

Dengan jumlah uang sebesar itu, Army tentunya telah mengumpulkan setidaknya 15 album studio / EP dan menghadiri sekitar 5 konser beserta printilan merchandise yang tidak sedikit. Worth itl!

Untuk Onces, kehadiran Girl Band Twice juga tak kalah menyilaukan hasrat mereka dalam merogoh kocek. Riset menyebutkan bahwa Onces dapat menghabiskan hingga Rp 11.8 jutaan setelah membeli banyak merchandise, 14 album, dan menghadiri 4 konser.

Terakhir, untuk penggemar Blackpink, atau "Blinks," juga menghabiskan tidak sedikit untuk idola mereka. Blinks bisa menghabiskan hingga sekitar Rp 9.5 jutaan.

Meskipun jumlah ini jauh lebih rendah daripada jumlah yang akan dikeluarkan oleh BTS Army atau penggemar Twice, alias "Onces,", penting untuk di highlight bahwa Blackpink adalah grup yang lebih muda daripada yang lain. Oleh karena itu, Blackpink memiliki lebih sedikit album dan konser.

Berikut adalah rangkuman singkat terkait komposisi pengeluaran K-popers terhadap perangkat Idola yang mereka beli,

 

Pengeluaran Army

Merchandise : Rp7,8 Juta

Tiket Konser : Rp7,8 Juta

Albums/EPs  : Rp4,8 Juta

Total: Rp 20 Jutaan

 

Pengeluaran Onces

Merchandise : Rp2,5 Juta

Tiket Konser : Rp3,1 Juta

Albums/EPs  : Rp4,8 Juta

Total Rp 11,8 Jutaan

 

Pengeluaran Blinks

Merchandise : Rp5 Juta

Tiket Konser : Rp2,2 Juta

Albums/EPs : Rp3Juta

Total Rp 9,5 Jutaan

 

 


Comments

Popular Posts